Membaca yuk biar lebih pintar

Cara Menghilangkan Panu

0 60

Cara Menghilangkan Panu – Saat melihat ke arah kaca dan kita menemukan sebuah noda berwarna putih di kulit kita, terkadang membuat kita panik dan bertanya – tanya apakah noda putih itu. Jangan panik dulu kawan Cbusi, kemungkinan besar itu adalah panu. Panu sendiri dikategorikan kedalam penyakit kulit ringan yang mudah untuk di hilangkan. Tapi tetap saja ya ini mengganggu dari segi kecantikan kulit kita. Lalu jika kita menghadapi masalah penyakit kulit ini, bagaimana cara menghilangkan panu tersebut selamanya dari kulit kita.

Kecantikan kulit memang perlu dijaga, walaupun terkadang ada sajah masalah yang menghampiri yang menyebabkan kecantikan kulit kita menurun. Salah satu cara menjaga kecantikan kulit itu adalah dengan selalu menjaga kebersihan dari pada kulit itu sendiri kawan. Dengan mandi 2x sehari dan selalu menggunakan bahan – bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit kita itu juga sudah cukup kok.

Apalagi jika secara tidak sengaja kamu terkena sebuah benda panas yang menyebabkan luka bakar di kulit kamu. Luka ini sangat mengganggu jika berada didaerah terbuka dari kulit. Tapi kamu juga bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar secara alami yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Cara Menghilangkan Panu

Mengenal Apa Itu Panu

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menghilangkan panu dikulit kita, ada baiknya kita mengenali dulu penyakit kulit yang satu ini agar kita lebih mengerti dan memahami bagaimana si putih kecil dikulit ini muncul dalam kehidupan kita.

Panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Panu ini berbentuk bercak-bercak putih yang menyebabkan warna kulit tidak rata. Munculnya panu ini tentu saja membuat percaya diri berkurang sehingga dapat menganggu aktivitas dan pekerjaan anda. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai penyebab dan obat untuk mengatasi panu.

Penyebab Munculnya Panu

Penyebab Penyakit Panu

Setelah kita mengetahui dan mengenal panu, sekarang kita lanjut mencari tahu bagaimana panu itu muncul dan mengganggu kecantikan kulit kita. Jika kita mengetahui apa saja yang memicu munculnya panu, maka kita dapat mengantisipasi munculnya panu di kulit kita nantinya.

Jamur Malassezia

Penyebab panu yang pertama adalah jamur malassezia. Malassezia adalah salah satu jenis jamur yang dapat menyebabkan munculnya panu. Berdasarkan penelitian, jamur malassezia ini tidak disebabkan oleh faktor kebersihan kulit, melainkan dari beberapa faktor seperti tipe kulit yang berminyak, memiliki tempat tinggal dengan suhu hangat, keringat berlebih, dan berusia dewasa.

Gen atau Keturunan

Penyebab panu yang kedua adalah dari faktor gen atau keturunan. Selain dari faktor eksternal, faktor penyebab panu dapat berasal dari faktor internal seperti gen atau keturunan. Apabila anda memiliki orang tua atau anggota keluarga yang menderita panu, maka kemungkinan atau risiko anda terkena panu menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, sebaiknya anda tingkatkan kebersihan diri agar terhindar dari penyakit panu.

Keringat Berlebih

Penyebab panu yang ketiga adalah keringat berlebih. Berdasarkan penelitian, seseorang yang memiliki berat badan berlebih cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal. Keringat yang berasal dari daerah lipatan tubuh biasanya tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus, sehingga memicu tumbuhnya jamur. Jamur yang terus berkembang tersebut merupakan pangkal dari munculnya panu.

Hidup Kurang Bersih

Selain itu, panu juga dapat disebabkan karena tertular oleh orang lain. Apabila anda bersentuhan langsung dengan keringat orang yang mengidap panu, maka kemungkinan panu tersebut akan menular pada bagian tubuh yang tersentuh langsung. Dan untuk kalian yang sering berganti – gantian handuk dengan orang lain, ini juga memberikan kesempatan panu menular.

Cara Mengobati Panu

cara mengobati panu

Saat ini kami akan memberikan cara menghilangkan panu dengan 2 macam cara, dengan cara membeli obat di apotik dan juga cara menghilangkan panu secara alami dengan bahan – bahan aman yang bisa kamu temukan disekitar rumah kamu. Langsung aja ya kita bahas satu persatu cara menghilangkan panu yang menggu kamu itu.

Cara Menghilangkan Panu Dengan Obat

Mengobati Panu Dengan Canesten Cream

Obat panu pertama yang dapat dibeli di apotek adalah canesten cream. Canesten adalah krim yang dapat membunuh jamur penyebab jamur hanya dalam 3 hari. Selain bermanfaat untuk menghilangkan panu, cream yang dijual dengan harga Rp.42.500 ini juga dapat digunakan untuk meredakan ruam karena penggunaan popok. Untuk menghilangkan panu secara maksimal, gunakan cream canesten ini 2 kali sehari.

Mengobati Panu Dengan Thecort

Obat panu kedua yang dapat dibeli di apotik adalah thecort. Selain dapat digunakan untuk orang dewasa, thecort ini juga aman digunakan untuk anak-anak. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.63.500, anda dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti infeksi kulit, dermatofita kuku, bakteri gram positif, dan panu. Namun, cream ini tidak disarankan untuk digunakan bagi orang yang mengidap hypersensitive.

Mengobati Panu Dengan Mycoral

Obat panu ketiga yang dapat dibeli di apotek adalah mycoral. Cream mycoral ini berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan jamur candida penyebab panu. Untuk mengobati panu, anda cukup mengeluarkan uang Rp.14.000 dan mengoleskannya dua kali sehari pagi dan malam.

Mengobati Panu Dengan Topisel

Obat panu keempat yang dapat dibeli di apotek adalah topisel. Cream ini dapat digunakan untuk menghilangkan panu pada daerah punggung, dada, ketiak, tangan, dan kaki. Namun, topisel ini lebih ampuh digunakan untuk menyembuhkan panu pada daerah kulit kepala. Anda dapat memperoleh topisel ini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.32.000

Mengobati Panu Dengan Lamisil

Obat panu kelima yang dapat dibeli di apotek adalah Lamisil. Lamisil ini berbentuk salep berwarna putih yang diperuntukan untuk anak-anak. Anda dapat memperoleh Lamisil ini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.30.000.

Mengobati Panu Dengan Griseofulvin

Obat panu keenam yang dapat dibeli di apotek adalah griseofulvin. Berbeda dengan obat panu yang lain yang berbentuk salep, griseofulvin ini berbentuk tablet dan cair. Selain dapat digunakan untuk orang dewasa, griseofulvin ini juga aman untuk digunakan oleh anak-anak. Untuk mendapatkan griseofulvin ini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.2.100 untuk setiap tabletnya. Untuk mengatasi panu, konsumsi griseofulvin ini 1 kali sehari setelah makan.

Mengobati Panu Dengan Fluconazole

Obat panu ketujuh yang dapat dibeli di apotek adalah fluconazole. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.28.130, anda dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti AIDS, meningitis cryptococcal, dan panu. Untuk menghilangkan panu, anda hanya cukup mengonsumsi obat ini setiap hari setelah makan.

Mengobati Panu Dengan Phytozine Ringworm Cream

Obat panu kedelapan yang dapat dibeli di apotek adalah phytozine ringworm cream. Selain bermanfaat untuk menghilangkan panu, cream ini juga berkhasiat untuk meredakan rasa gatal akibat kurap. phytozine ringworm cream ini aman digunakan karena berasal dari kombinasi unsur organic dan mineral alami.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Menghilangkan Panu Dengan Bawang Putih

Bahan alami pertama yang dapat digunakan sebagai cara mengobati panu secara alami adalah bawang putih. Selain dapat menghilangkan jerawat, bawang putih juga dipercaya mampu untuk menyembuhkan panu. Hal tersebut dikarenakan bawang putih memiliki kandungan antibiotik yang berkhasiat untuk membunuh jamur penyebab panu. Untuk menghilangkan panu caranya cukup mudah yaitu hanya dengan menggosokkan bagian tengah bawang putih ke daerah yang memiliki panu.

Menghilangkan Panu Dengan Lengkuas

Bahan alami kedua yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu adalah lengkuas. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, lengkuas juga berkhasiat untuk mengobati panu. Hal tersebut dikarenakan lengkuas memiliki kandungan flavonoid, amilum, dan kuersetin. Cara untuk menghilangkan panu dengan lengkuas cukup mudah yaitu hanya dengan menggosokkan lengkuas pada daerah yang terkena panu.

Menghilangkan Panu Dengan Belimbing Wuluh

Bahan alami ketiga yang dapat digunakan sebagai cara mengobati panu adalah belimbing wuluh. Belimbing dapat menyembuhkan panu karena zat asam yang kandungnya. Cara untuk menghilangkan panu dengan belimbing wuluh adalah sebagai berikut.

  • Siapkan belimbing wuluh secukupnya dan kapur sirih
  • Cuci bersih belimbing wuluh tersebut kemudian haluskan dengan cara ditumbuk
  • Campurkan belimbing wuluh yang telah dihaluskan tersebut dengan kapur sirih
  • Oleskan adonan tersebut ke area yang memiliki panu
  • Diamkan salama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Menghilangkan Panu Dengan Jeruk Nipis

Bahan alami keempat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu secara alami adalah jeruk nipis. Sama halnya dengan belimbing wuluh, kandungan asam, vitamin C, dan belerang yang terkandung di dalam jeruk nipis ampuh untuk membunuh jamur penyebab panu. Untuk menghilangkan panu dengan jeruk nipis caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengoleskan air jeruk nipis ke daerah yang memiliki panu.

Menghilangkan Panu Dengan Tea Tree Oil

Bahan alami kelima yang dapat digunakan sebagai cara mengobati panu adalah tea tree oil. Cairan ini dapat meredakan panu karena bersifat antijamur sehingga dapat mencegah penyebaran jamur dan infeksi. Untuk menghilangkan panu dengan tea tree oil cukup mudah yaitu hanya dengan mengoleskan tea tree oil yang telah dicampurkan dengan minyak zaitun ke area yang memiliki panu.

Menghilangkan Panu Dengan Lidah Buaya

Bahan alami keenam yang dapat digunakan untuk menghilangkan panu adalah lidah buaya. Manfaat lidah buaya selain untuk menghaluskan kulit dan menyehatkan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk menghilangkan panu. Hal tersebut dikarenakan kandungan protein 14 Kda yang dapat menyembuhkan radang dan antijamur. Untuk menghilangkan panu dengan lidah buaya caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area yang memiliki panu.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai penyebab dan juga cara menghilangkan panu yang bersemayam di kulit kita dan sangat menggangu penampilan. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk memiliki kulit bersih tanpa panu.

You might also like