Membaca yuk biar lebih pintar

MPASI atau Makanan Bayi 6 Bulan

0 41

Makanan Bayi 6 Bulan – Buah hati adalah anugerah yang telah diberikan oleh sang pencipta untuk dirawat dan dididik. Untuk menjaga kesehatan buah hati, anda harus memberikan asi secara eksklusif hingga usianya mencapai 2 tahun. Akan tetapi, jika buah hati anda telah memasuki usia 6 bulan, maka selain memberikan asi secara eksklusif, anda juga dapat memberikan makanan tambahan atau yang biasa disebut MPASI bayi 6 bulan sebagai makanan pendamping untuk asi.

Dalam artikel kami kali ini, ijinkan kami membagi apa saja menu yang cocok yang bisa anda gunakan sebagai MPASI bayi 6 bulan yang akan membantu tumbuh kembang buah hati anda. Berikut ini adalah ulasan mengenai makanan apa saja yang dapat dan tentunya baik bagi kesehatan jika digunakan sebagai makanan bayi usia 6 bulan.

MPASI Bayi 6 Bulan

Sebelum kita merujuk ketopik utama kita, ada baiknya kita sebagai orang tua untuk mengetahui apa saja manfaat dari memberikan menu makanan bayi 6 bulan yang memiliki gizi seimbang. Karna dengan mengetahui pentingnya memberikan asupan menu makanan bayi usia 6 bulan ini, kita sebagai orang tua akan menjadi lebih semangat dan telaten. Lalu apa saja manfaat dari memberikan MPASI bayi 6 bulan menurut kesehatan.

Makanan Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Menjaga Berat Badan Ideal Bagi sang Buah Hati

Manfaat memberikan MPASI yang pertama untuk bayi usia 6 bulan adalah menjaga berat badan sang buah hati agar tetap ideal. Akan tetapi MPASI sendiri harus disertakan pemberian ASI yang cukup ya bunda. Asi sendiri adalah cairan yang dihasilkan dari tubuh sang ibu yang diperuntukkan untuk sang buah hati.

Apabila diberikan asi yang cukup, maka bayi akan memiliki berat badan yang ideal. Hal tersebut dikarenakan asi mengandung isulin yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu formula. Seperti yang kita ketahui bahwa insulin adalah zat yang mampu memicu terbentuknya lemak di dalam tubuh. Selain itu, asi juga bermanfaat untuk mengatur hormon pengatur nafsu makan atau leptin pada tubuh bayi sehingga asupan nutrisi akan mudah dicerna.

Tulang Bayi Lebih Kuat

Manfaat asi dan makanan pendamping asi untuk bayi usia 6 bulan adalah membuat tulang buah hati anda menjadi lebih kuat. Seperti yang kita ketahui bahwa susu adalah cairan yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Selain itu, asi terhindar dari zat-zat kimia yang terdapat di dalam susu formula. Dikarenakan asi tidak memiliki kandungan zat-zat kimia, maka dengan mengonsumsi asi bayi akan menjadi lebih sehat.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat asi untuk bayi usia 6 bulan adalah dapat meningkatkan kecerdasan otak juga. Berdasarkan penelitian, asi memiliki kandungan lemak yang mampu untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain itu, dalam proses menyusui hubungan emosional antara ibu dan anak menjadi lebih kuat.

Jika kita rutin memberikan MPASI bayi 6 bulan dengan menu makanan yang banyak mengandung lemak ikan, maka pertumbuhan otak bayi akan semakin optimal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat memberikan makanan untuk bayi usia 6 bulan secara teratur tentunya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati anda. Asi juga memiliki kandungan zat antibodi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bayi terhindar dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Akan tetapi jika di tambah dengan asupan makanan bayi usia 6 bulan yang cukup akan gizi, maka kekebalan sang bayi juga semakin meningkat. Hal ini tentunya akan membuat buah hati anda jarang terkena penyakit.

MPASI Bayi 6 Bulan

Setelah kita mengetahui apa saja manfaat dari memberikan ASI dan juga makanan pendampingnya, mudah – mudahan bunda jadi lebih semangat dalam memberikan menu makanan untuk bayi 6 bulan kepada buah hanti bunda. Lalu apa saja menu makanan pendamping asi yang baik untuk bayi usia 6 bulan. BErikut ini akan kami berikan 10 makanan bayi usia 6 bulan kepada bunda semua.

MPASI Bayi 6 Bulan

Wortel Sebagai MPASI BAyi 6 Bulan

Makanan pendamping asi untuk bayi usia 6 bulan yang pertama adalah wortel. Selain untuk orang dewasa, wortel juga dapat digunakan untuk makanan bayi yang berusia 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan wortel memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan dan kejernihan mata sang buah hati. Namun, sebaiknya anda mengolah wortel sebagai makanan pendamping asi dengan cara direbus atau dikukus agar kandungan vitamin di dalamnya tidak hilang.

Makanan Untuk Bayi 6 Bulan

Menu Makanan Bayi 6 Bulan Berbahan Pisang

Makanan bayi 6 bulan yang kedua adalah buah pisang. Pisang adalah buah yang paling banyak digunakan ibu sebagai makanan pendamping asi. Hal tersebut dikarenakan pisang memiliki kandungan vitamin A, C, fosfor, asam folat, dan kalsium. Dengan berbagai kandungan vitamin tersebut, buah pisang mampu meningkatkan kecerdasan otak dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi.

Makanan Bayi 6 Bulan

Pepaya Menjadi Makanan Untuk Bayi 6 Bulan

MPASI bayi usia 6 bulan yang ketiga adalah buah pepaya. selain pisang, pepaya juga termasuk ke dalam buah yang paling sering digunakan sebagai makanan pendamping asi. Pepaya adalah buah yang dipercaya mampu untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan kecerdasan otak. Hal tersebut dikarenakan kandungan enzim papain, asam folat, zat besi, kalsium, zink, dan vitamin A. Untuk dijadikan makanan pendamping asi, sebaiknya anda memilih buah pepaya yang benar-benar matang karena kandungan getahnya lebih sedikit.

Makanan Bayu Usia 6 Bulan

Nikmatnya Alpukat Untuk Bayi

MPASI untuk bayi usia 6 bulan yang keempat adalah buah alpukat. Selain untuk orang dewasa, buah alpukat ternyata juga dapat digunakan sebagai makanan pendamping asi untuk bayi yang berusia 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan buah alpukat memiliki kandungan vitamin A, C, kalsium, dan magnesium. Dengan kandungan-kandungan tersebut, buah alpukat mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan motoric bayi, dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Buah Pir Sebagai MPASI Bayu 6 Bulan

Makanan pendamping asi untuk bayi 6 bulan yang kelima adalah buah pir. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, buah pir juga dapat digunakan sebagai makanan pendamping asi untuk bayi yang berusia 6 bulan. Buah pir disarankan untuk bayi karena memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Sebelum diberikan kepada bayi sebagai makanan pendamping asi, pastikan bahwa anda benar-benar menghancurkannya agar bayi tidak tersedak saat mengonsumsinya.

Bubur Ubi Jalar

Makanan pendamping asi bayi usia 6 bulan yang keenam adalah bubur ubi jalar. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, ubi jalar juga berkhasiat untuk membantu pertumbuhan fisik sang buah hati. hal tersebut dikarenakan ubi jalar mengandung vitamin A, C, E, kalsium, dan zat besi. Agar dapat dijadikan makanan pendamping asi, anda dapat mengolah ubi jalar sebagai bubur atau direbus kemudian dihancurkan sampai halus.

Berikan Nasi Tim Sebagai MPASI

MPASI bayi 6 bulan yang ketujuh adalah nasi tim. Untuk membuat nasi tim, anda membutuhkan beberapa bahan-bahan seperti beras, santan, dan garam. Untuk memberikan asupan gizi dan vitamin pada sang buah hati, anda dapat menambahkan sayuran seperti bayam atau wortel pada nasi tim yang anda buat. Nasi tim ini bermanfaat untuk menjaga bayi agar tetap bertenaga.

Bubur Kacang Merah

Makanan bayi usia 6 bulan yang kedelapan adalah bubur kacang merah. Kacang merah adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin A, antioksidan, dan protein. Dengan kandungan protein yang dimilikinya, kacang merah dapat digunakan sebagai makanan pendamping asi untuk bayi usia 6 bulan karena dapat membantu perkembangan otak sang buah hati.

Untuk membuat bubur kacang merah caranya cukup mudah yaitu hanya dengan merebus kacang merah sampai benar-benar empuk kemudian hancurkan lalu saring untuk mendapatkan kacang merah yang benar-benar halus. Anda dapat menambahkan susu untuk membuat cita rasa bubur kacang merah menjadi lebih nikmat dan bergizi.

Bubur Kacang Hijau

Makanan untuk bayi 6 bulan yang kesembilan adalah bubur kacang hijau. Selain kacang merah, kacang hijau ternyata juga dapat digunakan sebagai makanan untuk bayi 6 bulan. Sama halnya dengan kacang merah, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin, B, antioksidan, serat, dan protein.

Untuk membuat bubur kacang hijau caranya cukup mudah yaitu hanya dengan merebus kacang hijau sampai benar-benar empuk kemudian hancurkan lalu saring untuk mendapatkan kacang hijau yang benar-benar halus. Anda dapat menambahkan susu untuk membuat cita rasa bubur kacang hijau menjadi lebih nikmat dan bergizi.

Bubur Brokoli Sehat Untuk Bayu Usia 6 Bulan

MPASI bayi 6 bulan yang kesepuluh adalah bubur brokoli. Brokoli adalah sayuran hijau yang banyak memiliki kandungan vitamin A, B, serat, dan beta karoten yang baik untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan mata. Untuk membuat bubur brokoli caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengukus brokoli kemudian haluskan dengan cara diblender, kemudian tambahkan susu untuk menambah cita rasa.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai pentingnya asi dan makanan apa saja yang dapat digunakan sebagai makanan pendamping asi untuk bayi berusia 6 bulan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari Makanan Bayi 6 Bulan yang akan anda berikan kepada sang buah hati, agar makanan selalu terhindar dari kuman penyakit. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan buah hati.

You might also like