Membaca yuk biar lebih pintar

Nutrisi Diet Selama Masa Kehamilan

0 6.400

Nutrisi Diet Selama Masa Kehamilan – Ketika seorang wanita sedang hamil tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan sehubungan dengan kondisi janin yang ada didalam kandungannya. Penting mencukupi nutrisi dan diet selama kehamilan.

Apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ketika seorang wanita sedang hamil perlu dipahami apalagi tentang Nutrisi Diet Selama Masa Kehamilan yang sangat penting di pelajarin. Bagi bunda yang juga saat ini tengah menjalankan kodratnya sebagai wanita hamil, pada kesempatan kali ini kami juga akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda tentang nutrisi dan diet selama kehamilan yang dapat Anda konsumsi setiap saat. Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini!

Advertiser

4 Nutrisi Diet Selama Masa Kehamilan

Ada beberapa nutrisi dan diet selama kehamilan yang perlu Anda penuhi supaya tubuh juga jadi sehat secara optimal. Dan beberapa nutrisi dan diet selama kehamilan yang penting Anda penuhi diantaranya :

Nutrisi Diet Selama Masa Kehamilan

Cukupi kebutuhan kalori

Selama kehamilan kalori memang perlu ditambah kisaran angka 300 sampai dengan 400 kkal setiap harinya. Kalori sendiri bisa Anda dapat dari sumber makanan yang bervariasi dimana pola makan 4 sehat dan 5 sempurna harus dijadikan sebagai acuannya. Ada baiknya sekitar 55% kalori diperoleh dari umbi – umbian serta nasi sebagai sumber karbohidrat, dan perlu juga Anda lengkapi lemak nabati atau hewani 35%, protein 10% dan sayuran serta buah sebagai elemen penunjangnya.

Penuhi asam folat

Janin memang sangat butuh asam folat dengan jumlah banyak untuk membentuk sel dan sistem sarafnya. Nantinya selama trimester pertama janin akan sangat butuh tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Jika janin mengalami kondisi kekurangan asam folat, hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan juga dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly. Asam folat bisa anda temukan didalam produk buah – buahan, beras merah serta juga sayuran hijau.

Protein Anda perlukan

Selain dijadikan sebagai sumber bagi kalori dan sebagai zat pembangun, Anda juga dapat membentuk darah dan sel yang merupakan salah satu fungsi protein. Protein juga dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah kurang lebih 60 gram setiap harinya atau sekitar 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein ini juga bisa Anda temukan didalam bahan seperti kacang – kacangan, tempe, daging, tahu dan putih telur.

Zat besi

Ibu hamil memang biasanya mengalami kondisi anemia. Dan untuk mengurangi hal ini dibutuhkan kelengkapan zat besi karena zat besi dapat menambah kadar hemoglobin didalam darah. Sehingga tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda senantiasa mengonsumsi zat besi ini secara rutin.

Informasi yang kami berikan diatas mengenai Nutrisi Diet Selama Masa Kehamilan semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

You might also like