Membaca yuk biar lebih pintar

Tempat Wisata di Sukabumi

0 518

Kota Sukabumi memang termasuk sebagai salah satu kota yang paling kecil di provinsi Jawa Barat. Meskipun tidak memiliki luas wilayah seperti kota lainnya, kota Sukabumi tidak kalah untuk urusan obyek wisatanya. Jumlah obyek tempat wisata di Sukabumi ada sangat banyak sekali. Menariknya lagi, mayoritas tempat wisata Sukabumi itu masih sangat asri sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bagi anda yang ingin menghilangkan penat.

Tempat Wisata Sukabumi

Destinasi wisata alam Sukabumi memang didominasi oleh pantai karena memang kota ini berbatasan dengan lautan. Namun jangan khawatir, masih ada banyak sekali destinasi wisata alam selain pantai di Sukabumi.

Advertiser

Mau tau tentang destinasi wisata alam Sukabumi yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan? Baca selengkapnya informasi mengenai tempat wisata Sukabumi tersebut di artikel ini.

Tempat Wisata Alam di Sukabumi

Bagi anda yang masih bingung menentukan dimana anda akan menghabiskan waktu liburan nanti, mungkin anda bisa memilih berlibur di kota Sukabumi. Ada cukup banyak obyek wisata alam Sukabumi yang pasti dapat memanjakan mata anda. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Sukabumi yang direkomendasikan untuk dikunjungi:

Tempat Wisata di Sukabumi

Danau Bacan

Danau Bacan awalnya bukan sengaja dibuat untuk tempat wisata alam di kota Sukabumi. Tempat wisata di Sukabumi satu ini sebenarnya terbentuk secara tidak sengaja. Sebelum menjadi salah satu obyek wisata yang terkenal di Sukabumi, Danau Bacan ini adalah tempat penggalian batuan alam yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan batu akik.

Namun lambat laun, bekas galian batuan alam tersebut menjadi danau karena terisi oleh air hujan terus menerus. Yang menarik dari Danau Bacan ini adalah airnya yang berwarna kehijauan. Hal tersebut disebabkan karena pantulan dari batuan yang ada di dasar danau. Karena airnya berwarna hijau itulah, tempat wisata sukabumi satu ini dinamakan dengan Danau Bacan.

Sampai saat ini, Danau Bacan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama di masa liburan. Pasalnya, banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk berfoto di obyek wisata unik ini. Jika anda ingin menyaksikan keindahan Danau Bacan, lokasinya berada di desa Bojong. Lokasi Danau Bacan ini kurang lebih sekitar 3 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Sampai saat ini wisatawan yang ingin masuk ke area tempat wisata di sukabumi ini tidak ditarik biaya apapun. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

Bukit Karang Para

Obyek wisata selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan di kota Sukabumi adalah Bukit Karang Para. Bukit Karang Para juga menjadi salah satu obyek wisata alam yang cukup ramai dikunjungi wisatawan selain obyek wisata pantai di Sukabumi.

Popularitas Bukit Karang Para ini semakin meroket semenjak banyak muda mudi yang berfoto di lokasi wisata alam Sukabumi ini dan mempostingnya di berbagai sosial media. Bukit Karang Para menyajikan kombinasi pemandangan asrinya alam di Sukabumi, perkampungan tradisional, dan juga keindahan batu-batu karang yang tercipta secara alami.

Ada cukup banyak spot menarik untuk berfoto di tempat wisata Sukabumi satu ini. Namun wisatawan biasanya lebih tertarik untuk berfoto di bangunan sederhana yang terbuat dari bamboo.

Jika anda juga ingin berfoto di tempat wisata Sukabumi ini, anda wajib bersabar karena lokasi ini hampir selalu ramai wisatawan, baik di hari libur maupun hari biasa. Bukit Karang Para ini berada di desa Kebun Manggu. Untuk bisa masuk ke lokasinya, anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Selain itu, anda juga wajib membayar parkir kendaraan.

Tempat Wisata Sukabumi

Curug Awang

Curug Awang adalah obyek wisata alam Sukabumi yang juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan. Anda dijamin menyesal jika berlibur di Sukabumi namun tidak mengunjungi tempat wisata satu ini. Kenapa? Karena pemandangan Curug Awang ini sangat mirip seperti air terjun Niagara yang berada di perbatasan Amerika Serikat dengan Kanada.

Hanya saja, memang Curug Awang ini tidak sebesar air terjun Niagara. Biasanya orang-orang menyebut Curug Awang ini sebagai Niagara Mini. Jika anda ingin mendapatkan foto yang menawan di tempat wisata Sukabumi ini, anda disarankan untuk datang di masa penghujan. Kenapa? Karena debit air di Curug Awang yang besar akan membuatnya semakin indah.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Curug Awang di akhir tahun ini, lokasinya berada di desa Tamanjaya. Anda harus bersiap-siap berjalan kaki dari parkiran kendaraan motor menuju ke Curug Awang. Jarak antara parkiran kendaraan dengan Curug Awang ini kurang lebih sekitar 200 meter saja.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Curug Awang, setiap wisatawan juga diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja.

Pantai Cimaja

Jika membahas mengenai obyek wisata alam Sukabumi, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai Pantai Cimaja. Pantai di Sukabumi ini bukan merupakan sekedar tempat wisata biasa. Pantai Cimaja ini termasuk sebagai salah satu obyek wisata internasional. Ya, mungkin anda tidak pernah membayangkan bukan bahwa di Sukabumi ada obyek wisata berskala internasional.

Pantai Cimaja ini seringkali didatangi oleh wisatawan mancanegara karena kedahsyatan ombaknya. Ombak di Pantai Cimaja ini bisa mencapai ketinggian 4 meter. Karena banyak sekali wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pantai di Sukabumi ini, otomatis fasilitas di tempat ini berbeda jauh dengan obyek wisata alam Sukabumi lainnya.

Sukabumi bukan hanya cocok dijadikan destinasi wisata bagi pecinta alam saja. Kota Sukabumi juga memiliki cukup banyak destinasi wisata dengan konsep edukasi yang tentunya sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama dengan keluarga.

Bagi anda yang berencana untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga tercinta, ada banyak sekali tempat wisata di Sukabumi yang pasti disukai oleh buah hati anda.

Mau tau lebih banyak mengenai tempat wisata Sukabumi yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga? Baca selengkapnya mengenai beragam tempat wisata edukasi dan tempat wisata baru di Sukabumi selengkapnya melalui artikel ini.

Tempat Wisata Keluarga di Sukabumi

Jika anda lebih sering menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, Sukabumi juga memiliki banyak sekali obyek wisata yang family oriented. Berikut ini adalah beberapa contoh tempat wisata di Sukabumi yang memang dibuat untuk tempat liburan bersama dengan keluarga tercinta:

Wisata di Sukabumi

Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar adalah tempat wisata Sukabumi pertama yang dibuat dengan konsep edukasi dan juga family oriented. Di tempat ini, anda dan keluarga bisa menikmati dan bernostalgia bagaimana kehidupan di jaman dulu.

Di Kampung Ciptagelar ini, anda tidak akan menemukan satupun alat-alat elektronik. Satu-satunya teknologi modern yang digunakan di kampung ini hanyalah listrik yang memang digunakan untuk penerangan. Selain listrik dan lampu, Kampung Ciptagelar benar-benar tidak menggunakan teknologi modern apapun.

Menariknya lagi, Kampung Ciptagelar ini juga sering mengadakan acara-acara adat yang sudah dilakukan sejak ratusan tahun lalu.

Oleh sebab itu, Kampung Ciptagelar ini juga tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan bersama dengan keluarganya saja. Kampung Ciptagelar ini juga terkadang menjadi tempat wisata di Sukabumi yang benar-benar disukai wisatawan mancanegara.

Yang lebih enaknya lagi, Kampung Ciptagelar ini berada di dataran tinggi. Jadi udaranya juga sangat sejuk. Bagi anda yang tertarik untuk mengajak keluarga melihat bagaimana kehidupan di jaman sebelum adanya teknologi modern, anda bisa mengajak keluarga anda untuk berlibur di Kampung Ciptagelar ini.

Kampung Ciptagelar ini berada di desa sirnaresmi. Wisatawan bisa masuk dan melihat Kampung Ciptagelar ini tanpa perlu membayar apapun. Hanya saja, anda wajib membawa perbekalan dan juga cadangan bahan bakar untuk kendaraan anda jika berkunjung ke Kampung Ciptagelar. Pasalnya, Kampung Ciptagelar ini berada di lokasi yang cukup jauh dari pemukiman penduduk lainnya.

Gua Buniayu

Kampung Ciptagelar memang merupakan salah satu tempat wisata di Sukabumi yang paling sering dikunjungi wisatawan bersama dengan keluarga.

Namun sebenarnya, masih ada banyak tempat wisata Sukabumi yang juga tidak kalah seru untuk dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta. Salah satu tempat wisata keluarga di Sukabumi yang juga cukup seru adalah Gua Buniayu. Gua Buniayu bukan tempat wisata biasa. Gua Buniayu ini juga termasuk tempat wisata bertaraf internasional di kota Sukabumi. Keamanan di Gua Buniayu ini termasuk paling baik dari seluruh wisata gua di Asia Tenggara.

Lalu apa saja yang bisa anda saksikan bersama dengan keluarga di tempat wisata Sukabumi satu ini? Gua Buniayu ini layaknya museum. Di dalamnya terdapat berbagai macam hal yang berhubungan dengan ilmu geologi. Meskipun termasuk obyek wisata yang cukup ekstrim untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, namun anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, anda dan keluarga akan didampingi dengan pengurus yang sudah sangat terlatih untuk menyusuri tempat wisata di Sukabumi ini.

Jika anda tertarik untuk menyusuri tempat wisata Sukabumi ini bersama dengan keluarga, lokasinya berada di desa Kerta Angsana. Tempat wisata di Sukabumi ini bisa dikunjungi setiap hari dari mulai jam 08.00 sampai jam 22.00 WIB. Setiap pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk ke Gua Buniayu sebesar Rp 15.000 saja. Tiket masuk tersebut sudah sekaligus dengan pemandu profesional.

Tempat wisata alam di Sukabumi

Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan memang tidak termasuk tempat wisata baru di Sukabumi. Namun demikian, animo wisatawan setiap tahun untuk berkunjung ke tempat ini tidak pernah menurun.

Pasalnya, Pantai Pangumbahan menawarkan 4 hal sekaligus bagi wisatawan. 4 hal yang bisa anda dapatkan dengan mengunjungi Pantai Pangumbahan bersama dengan keluarga tercinta tersebut adalah pemandangan pantai yang indah, pasir pantai putih bersih, penangkaran penyu, dan juga ombak besar yang bisa digunakan untuk berselancar.

Bagi anda yang berkunjung bersama dengan keluarga ke tempat wisata di Sukabumi ini, anda bisa mengajak buah hati untuk melihat secara langsung penangkaran penyu. Selain itu, anda juga bisa bermain pasir bersama dengan buah hati.

Jika anda memang berniat untuk mengunjungi tempat wisata Sukabumi satu ini ketika liburan nanti, pastikan untuk selalu mendampingi buah hati anda karena ombak di Pantai Pangumbahan ini cukup tinggi.

Santa Sea Waterpark

Santa Sea Waterpark ini merupakan tempat wisata baru di Sukabumi. Obyek wisata ini baru berdiri pada tahun 2016. Namun meskipun termasuk sebagai obyek wisata baru, Santa Sea Waterpark ini tidak pernah sepi dari pengunjung sejak dibuka pertama kali.

Santa Sea Waterpark ini paling ramai di masa liburan sekolah dan juga akhir tahun. Yang berkunjung ke tempat wisata di Sukabumi ini bukan hanya wisatawan saja, namun penduduk Sukabumi juga banyak yang menghabiskan waktu liburan di obyek wisata satu ini.

Ada banyak sekali hal-hal menarik yang bisa anda nikmati di tempat wisata Sukabumi satu ini. Selain wahana bermain air dengan tema bajak laut, anda dan keluarga tercinta juga bisa menikmati kolam pemandian air panas di dalam Santa Sea Waterpark ini.

Namun demikian, wahan yang paling disukai di tempat wisata di Sukabumi ini adalah wahana Niagara Waterfall, kolam ombak, kolam arus, dan juga Amazon River. Selain wahana tersebut, Santa Sea Waterpark juga dilengkapi dengan kebun binatang mini. Koleksi fauna di tempat ini memang tidak terlalu banyak, namun cukup menghibur, terutama bagi buah hati anda.

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga di Santa Sea Waterpark, anda bisa datang langsung ke Jalan Pramuka. Lokasi tempat wisata di Sukabumi ini berada tepat di belakang terminal Sukabumi baru. Santa Sea Waterpark ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB. Setiap wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 40.000 (dari hari Senin sampai Kamis) dan Rp 70.000 (dari hari Jumat sampai Minggu).

Tempat Wisata Kuliner Di Sukabumi

Sukabumi tak hanya mempunyai deretan obyek wisata yang oke banget. Kota kecil di provinsi Jawa Barat ini juga mempunyai banyak sekali menu makanan khas yang ngeunah banget.

Oleh sebab itu, tak lengkap rasanya jika anda yang nanti berlibur di kota Sukabumi sampai tidak mencicipi menu kuliner khas dari Sukabumi tersebut.

Mau tau lebih lanjut mengenai dimana saja tempat wisata kuliner Sukabumi yang makanannya juara? Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai berbagai macam tempat makan enak di Sukabumi yang paling direkomendasikan bagi wisatawan melalui artikel ini.

7 Tempat Makan Enak di Sukabumi yang Dijamin Bikin Puas Lidah

Setelah puas menikmati pemandangan alam dan berbagai macam wahana di berbagai tempat wisata kota Sukabumi, selanjutnya anda perlu mencicipi menu kuliner Sukabumi. Berikut ini adalah beberapa macam menu wisata kuliner Sukabumi yang paling lezat dan paling direkomendasikan bagi wisatawan:

Bubur Ayam

Tempat Wisata Kuliner di Sukabumi

Kuliner Sukabumi pertama yang wajib anda cicipi adalah bubur ayam. Bubur ayam khas dari Sukabumi ini berbeda dari kebanyakan bubur ayam yang anda temui di kota lain. Bubur ayam di Sukabumi benar-benar kental dan sangat gurih. Jadi makan satu porsi bubur ayam Sukabumi sudah pasti membuat perut terasa kenyang.

Ada banyak sekali penjual bubur ayam di kota Sukabumi. Namun jika anda mencari bubur ayam juara di kota Sukabumi, jelas hanya ada satu tempat makan enak di Sukabumi yang harus anda kunjungi yaitu warung Bu Nut.

Warung Bu Nut memang sudah terkenal menjual bubur ayam yang spektakuler dan dijamin ngeunah banget. Warung Bu Nut ini sudah membuka banyak cabang, salah satu lokasi yang paling strategis adalah di Jalan Siliwangi nomor 93. Warung Bu Nut buka setiap hari dari jam 06.00 sampai jam 23.00 WIB.

Mie Bakso H. Achmad Sudja`i

Selain bubur ayam, kuliner Sukabumi yang juga sangat populer hingga ke luar kota adalah Mie Bakso H. Achmad Sudja`i. Menu makanan di warung H. Achmad Sudja`I yang masuk sebagai salah satu menu wisata kuliner Sukabumi adalah Mie Bakso Super. Di dalam satu mangkok Mie Bakso Super terdapat mie, bakso, ayam cincang yang dimasak dengan bumbu khusus, dan juga pangsit. Satu porsi Mie Bakso Super ini jelas membuat perut terasa kenyang.

Popularitas Mie Bakso H. Achmad Sudja`I ini bisa disejajarkan dengan bubur ayam Bu Nut. Jika anda ingin mencicipi kelezatan Mie Bakso Super H. Achmad Sudja`I, anda bisa datang langsung ke warungnya yang berada di Jalan Ir. H. Djuanda.

Warung Mie Bakso H. Achmad Sudja`I ini juga berada di lokasi yang cukup strategis karena tepat di tengah kota. Oleh sebab itu, anda tidak akan kesulitan menemukan tempat makan enak di Sukabumi satu ini.

Mie Goreng khas Sukabumi

Kuliner Sukabumi yang terkenal bukan hanya bubur ayam dan juga mie bakso saja. Mie goreng asli dari Sukabumi juga termasuk sebagai salah satu menu wisata kuliner Sukabumi yang digandrungi wisatawan. Cita rasa mie goreng di kota Sukabumi itu berbeda dari mie goreng di kota lain. Bumbu yang digunakan untuk mengolah mie goreng ini memang tidak sama. Kebanyakan wisatawan yang mencoba mie goreng asli Sukabumi ini pasti langsung ketagihan dengan kelezatan rasanya.

Rekomendasi Wisata Kuliner Sukabumi

Di kota Sukabumi memang ada banyak sekali yang menjual mie goreng, namun bagi anda yang benar-benar mencari menu wisata kuliner Sukabumi yang legendaris, anda bisa membeli mie goreng yang berada di Jalan Cimandiri. Mie goreng yang dijual di Jalan Cimandiri ini tidak hanya lezat rasanya, porsinya juga luar biasa banyak. Jadi pesan satu porsi mie goreng bisa dimakan bersama 2 sampai 3 orang.

Geco

Jika anda berlibur di kota Sukabumi, jangan sampai tidak mencoba mencicipi Geco. Kuliner Sukabumi satu ini biasanya memang dikonsumsi di pagi hari. Yang dimaksud dengan Geco adalah tauge yang dimasak dengan menggunakan tauco. Cita rasa makanan ini benar-benar segar sehingga sangat tepat jika dikonsumsi di pagi hari sembari menikmati hawa dingin kota Sukabumi.

Di Sukabumi sendiri memang ada banyak sekali warung yang menjual menu Geco ini. Namun satu-satunya tempat makan enak di Sukabumi yang menu Geconya benar-benar diakui adalah yang berada di Jalan Jendral Sudirman. Lokasinya tepat berada di seberang rumah sakit As Syifa.

Jika anda ingin mencicipi Geco yang dijual di depan RS As Syifa ini, sebisa mungkin datanglah pagi hari. Pasalnya, menu Geco tersebut biasanya sudah habis terjual di siang hari. Selain datang pagi hari, anda juga harus bersabar ya jika ingin menikmati kuliner Sukabumi satu ini. Masalahnya, Geco di depan RS As Syifa ini juga cukup ramai pembeli.

Bubur Ayam Odeon

Kota Sukabumi memang kaya dengan wisata kuliner. Di kota ini anda tidak hanya bisa menemukan satu macam bubur ayam saja. Selain bubur ayam Bu Nut, masih ada satu lagi bubur ayam spesial yang juga terkenal sebagai salah satu menu wisata kuliner Sukabumi.

Bubur ayam yang juga terkenal sebagai kuliner Sukabumi tersebut adalah bubur ayam Odeon. Bubur ayam ini berbeda dengan bubur ayam di warung Bu Nut. Bubur ayam Odeon ini ditambahkan dengan kaldu ayam jadi cita rasa gurihnya jauh lebih terasa dibandingkan dengan bubur ayam Bu Nut.

Selain ditambah dengan kaldu ayam, bubur ayam Odeon ini juga ditambahkan dengan irisan daun bawang, sawi asin, tumisan kentang, irisan daging ayam, irisan mentimun dan juga pangsit.

Bagi anda pecinta bubur ayam, anda juga wajib mencicipi kuliner Sukabumi satu ini selain bubur ayam Bu Nut. Tempat makan enak di Sukabumi yang menjual menu bubur ayam Odeon ini bisa anda temukan dengan mudah di sepanjang kawasan pecinan di kota Sukabumi.

Pepes ikan mas duri lunak

Pepes ikan mas duri lunak juga termasuk sebagai salah satu kuliner Sukabumi yang tidak pernah luput dari pantauan wisatawan.

Tempat makan enak di Sukabumi yang menyajikan menu pepes ikan mas duri lunak ini berada di Jalan Gotong Royong. Selain cita rasanya yang sangat cocok dikonsumsi di hawa dingin kota Sukabumi, pepes ikan mas duri lunak ini juga sangat nglawuhi. Satu porsi pepes ikan mas duri lunak saja bisa menghabiskan lebih dari satu piring nasi putih.

Leor daging

Berbicara mengenai kuliner khas dari kota Sukabumi, tentu Leor daging juga masuk sebagai salah satunya. Leor daging sudah terkenal sejak jaman dulu sebagai salah satu menu wisata kuliner Sukabumi. Leor daging ini sebenarnya mirip dengan masakan semur daging. Hanya saja, daging yang digunakan di kota Sukabumi ini adalah daging sapi bagian pipi. Leor daging merupakan menu makanan khas Sukabumi yang cukup mudah didapatkan. Hampir semua tempat makan enak di Sukabumi menjual menu khas ini.

Meskipun kecil kotanya, Sukabumi punya banyak kuliner lezat bukan? Sekarang anda sudah tau bukan apa saja menu wisata kuliner Sukabumi yang direkomendasikan untuk wisatawan?

Cukup banyak bukan tempat wisata di Sukabumi yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta? Salah satunya bahkan merupakan tempat wisata Sukabumi yang baru saja muncul keprmukaan. Dari beberapa tempat wisata Sukabumi yang sudah dibahas di artikel ini, kira-kira tempat wisata mana yang kemungkinan besar akan anda kunjungi pertama kali bersama dengan keluarga anda nanti?

You might also like